Jenis Makanan yang Kurang Tepat Diberikan untuk Bayi

Masa pertumbuhan bayi merupakan masa yang sangat cepat dan akan terjadi banyak sekali hal yang sebelumnya tidak ia bisa lakukan. Dimana untuk mendapatkan perkembangan yang terbaik tersebut maka orangtua perlu untuk memberikan asupan gizi yang terbaik untuk bayi sebagai salah satu faktor untuk membuat pertumbuhan bayi lebih optimal. Seperti misalnya bayi sebaiknya diberikan ASI eksklusif yang merupakan makanan terbaik untuk diberikan pada bayi.

ASI eksklusif tersebut bisa diberikan oleh orangtua selama 6 bulan dan seterusnya diberikan hingga 2 tahun dengan dampingan makanan pendamping ASI. ASI tersebut mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga emosional untuk bayi dan juga ibu bayi. Sehingga memang memberikan ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir sangat digalakkan oleh banyak pihak dewasa ini. Dimana keuntungan yang bisa didapatkan mulai dari bisa membuat kemampuan pikir bayi lebih cerdas, sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, bisa membuat berat badan bayi lebih seimbang, bisa untuk menurunkan berat badan untuk ibu yang baru melahirkan, bisa untuk meningkatkan emosi antara ibu dan bayi, dan juga ada banyak sekali manfaat lainnya ketika bayi mendapatkan ASI eksklusif.

Akan tetapi selain ASI, nantinya bayi juga perlu untuk diberikan makanan pendamping ASI yang terbaik. Dimana makanan tersebut tidak boleh dipilih dengan sembarangan dan sebaiknya dipilih dengan tepat. Karena pencernaan bayi yang kurang kuat maka Anda perlu untuk memilih makanan yang tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh bayi. Adapun beberapa jenis makanan yang kurang tepat untuk diberikan pada bayi saat masa pertumbuhannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Makanan pertama yang kurang baik diberikan untuk bayi walaupun dikenal sehat adalah ikan. Sebaiknya hindari memberikan ikan pada bayi terutama yang mengandung merkuri tinggi.
  2. Makanan lainnya adalah susu sapi sampai bayi berusia 2 tahun.
  3. Minuman yang mengandung kafein karena menyebabkan mual dan juga susah tidur.
  4. Kacang-kacangan yang bisa membuat bayi tersedak dan lengket di tenggorokan.
  5. Telur terutama bayi yang mempunyai alergi pada bahan makanan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *