Kenali Tanda Buah Hati Siap MPASI Berikut Ini!

Sejak lahir sampai dengan usia 2 tahun, bayi hanya mendapatkan asupan makanan serta minum dari ASI. Jangan khawatir hal itu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, jadi pertumbuhan akan lebih maksimal. Tetapi hal itu tetap harus diimbangi dengan perkenalan makanan kepada si kecil pada masa 6 bulan pertama. Bukan saja umur yang menjadi patokan dasar tetapi bunda juga harus paham apakah memang si kecil siap untuk mendapatkan makanan pendamping ASI. Karena pada bayi satu dengan lainnya mempunyai ciri berbeda untuk kesiapan MPASI mereka. 

MPASI sendiri dimulai dari memperkenalkan sayuran, buah, ataupun beberapa lainnya yang dijadikan sebagai bubur. Tidak jauh-jauh, pencampuran ASI tetap masih digunakan dalam proses tersebut secara bertahap. Tetapi sebelum 6 bulan, ada juga bayi yang sudah siap MPASI tetapi dengan melihat ciri sebagai berikut:

  1. Reflek menjulurkan lidah sudah mulai berkurang bahkan menghilang.
  2. Mampu menahan kepala untuk tetap tegak.
  3. Duduk dengan keseimbangan tubuh lebih baik.
  4. Mulai menunjukkan ekspresi saat melihat orang lain makan.
  5. Selalu menangis kelaparan saat hanya diberi ASI.

Dengan begitu, apakah sebelum 6 bulan bayi sudah bisa mulai makan? Seperti dikatakan diatas jika masing-masing anak itu mempunyai kondisi berbeda. Bisa saja 5 bulan makan tetapi bisa juga harus menunggu sampai dengan 6 bulan. Selain dengan mengenali beberapa ciri seperti diatas, Anda juga harus melakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu sebelum memberikan makan. Karena terkadang kurang siapnya bayi makan tetapi sudah diberi makan akan berimbas buruk pada kesehatan terutama saluran pencernaan. 

Tumbuh kembang si kecil sudah terlihat dari setiap tanda yang diberikan, hal itu tentu saja tidak dipahami bagi para ibu pemula. Makanya tetap harus mengorek informasi secara lebih banyak lagi dalam hal itu, apalagi bagi mereka yang masih baru. Supaya tidak mengalami kesalahan kapan waktu tepat bayi mulai makan, tetap harus konsultasikan. Jika sudah siap, mulailah dengan makanan baik olahan sendiri yang memenuhi nilai gizi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *