Ulasan Tentang Tumbuh Kembang Bayi Baru Lahir yang Normal

Menyambut kelahiran bayi tentu saja merupakan salah satu momen yang sangat membahagiakan untuk keluarga. Dimana bayi baru lahir tersebut membutuhkan perawatan yang intensif sehingga akan lebih baik untuk memperhatikan setiap gerak-gerik bayi baru lahir. Orangtua harus sangat menaruh perhatian agar dapat untuk merawat bayi baru lahir tersebut dengan tepat. Karena biasanya ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan tepat yang berbeda dengan bayi yang sudah besar seperti misalnya memandikan dengan tepat, jam tidur, dan juga memberikan makanan yang tepat.

Perkembangan bayi baru lahir tersebut juga berbeda dengan bayi yang sudah tumbuh. Sehingga orangtua harus memperhatikan perkembangan yang terjadi. Selain itu orangtua juga perlu dibekali dengan beberapa pengetahuan sehingga dapat untuk menjadi orangtua yang dapat untuk mengetahui perkembangan bayi baru lahir dan tidak kebingungan dengan perkembangannya. Misalnya saja pada bayi baru lahir normalnya akan kehilangan 10 persen berat badannya pada 2 hingga 3 hari pertama sejak ia lahir. Pada akhirnya hal tersebut bukan menjadi suatu masalah yang harus dipikirkan karena nanti ketika bayi berusia 2 minggu maka berat badan akan kembali lagi.

Bayi baru lahir pada umumnya juga akan mempunyai tinggi yang bertambah hingga 4 cm dari panjangnya saat lahir. Selain itu untuk lingkar kepalanya juga akan bertambah 2,5 cm dan akan melakukan beberapa refleks yang dilakukan pada bayi umumnya. Beberapa pengetahuan ini harus dimiliki oleh orangtua untuk mengetahui perkembangan bayi baru lahirnya normal ataupun tidak. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak sesuai bisa untuk diatasi dari dini.

Adapun beberapa refleks yang bisa terjadi pada bayi baru lahir adalah sebagai berikut ini:

  1. Refleks rooting merupakan refleks apabila mulut bayi disentuh maka nantinya ia akan menoleh dan mengikuti arah sentuhan.
  2. Refleks isap merupakan refleks bayi baru lahir yang akan menghisap benda yang menyentuh mulutnya.
  3. Refleks moro merupakan refleks yang dapat untuk mengangkat kedua lengannya ketika bayi sedang terkejut.
  4. Refleks genggam dapat untuk menggenggam apapun yang ditaruh di telapak tangannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *