Waspadai 5 Faktor Penyebab Bayi Telat Tumbuh Berikut Ini!

Pada dasarnya bayi memang mengalami pertumbuhan yang sangatlah cepat, baik itu dari segi fisik maupun psikisnya, mulai dari tengkurap, kemudian nantinya mereka bisa merangkak sampai dengan berjalan. Namun tak jarang juga ada beberapa bayi yang mengalami masalah dengan pertumbuhan mereka, sehingga tidak berlangsung secara normal. Kondisi semacam ini pastinya agak mengkhawatirkan bagi orang tua bukan. Karena takut nantinya si kecil akan tertinggal dengan yang lain. 

Lalu sebenarnya apa saja hal yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan bayi yang terhambat atau berlangsung secara tidak normal sesuai dengan usianya tersebut. Berikut ini yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Riwayat keluarga, ternyata faktor genetik juga sangat mempengaruhi pertumbuhan buah hati, dimana jika seandainya dari riwayat keluarga ada yang mengalami kondisi semacam ini maka akan membuat si kecil juga berpotensi besar mengalami hal yang sama. Menyebabkan anak susah tumbuh pada usia yang sama.
  2. Anak mengalami gangguan constitutional growth delay, gangguan semacam ini biasanya menyebabkan bayi memang tidak bisa tumbuh secara normal sesuai usianya, karena ada masalah dengan pengerasan tulang buah hati, sehingga nantinya mereka akan terlambat mendapatkan tulang yang sempurna dipakai untuk beraktivitas, sehingga pertumbuhannya juga akan berlangsung secara terlambat.
  3. Defisiensi hormon pertumbuhan, produksi hormon pertumbuhan yang kurang ternyata juga memiliki dampak yang cukup besar pada buah hati. Dimana pertumbuhan mereka juga akan berlangsung secara lambat.
  4. Hipotiroidisme, kelenjar tiroid memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan buah hati, namun jika seandainya ia tidak memproduksi hormon pertumbuhan dalam jumlah yang tepat, maka bisa memicu buah hati mengalami gangguan pertumbuhan.
  5. Syndrome turner, faktor yang lainnya adalah syndrome turner dimana bayi kehilangan beberapa kromosom X dalam tubuhnya, sehingga pertumbuhan mereka berlangsung secara tidak sempurna.

Untuk itu patut diwaspadai, jika buah hati Anda sudah terdeteksi gejala telat dalam tubuh, maka ada baiknya untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Sehingga bisa mendapatkan alternatif penanganan terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *